Video Of Day

7 Kekayaan Suku Minangkabau yang Memukau Dunia.

EFEKGILA.COM – Tak diragukan lagi, Indonesia memang kaya dengan keanekaragaman suku yang ada. Minangkabau hanya salah satu suku di antaranya. Orang Minang dikenal senang merantau, namun hal itu bukan berarti tidak mencintai asal usul mereka.
Orang Minang melakukan perantauan memang salah satu proses untuk kehidupan yang lebih baik. Di balik itu, sebenarnya Minangkabau juga memiliki kekayaan yang patut dibanggakan, dan berikut ini hanya sebagian kecil yang dimiliki Minang.
1. Kuliner.
Kuliner di Indonesia memang terkenal dengan kelezatannya. Warisan Minangkabau juga tak kalah dari suku lainnya. Bahkan, makanan warisan Minangkabau adalah salah satu yang paling terkenal di Indonesia. Di setiap kota di Indonesia pasti terdapat rumah makan Padang.
Rendang adalah menu yang paling digemari. Bukan oleh suku Minangkabau saja, tapi nyaris semua penduduk Indonesia menyukainya. Perpaduan rasa pedas dengan bumbu rempah-rempah yang digunakan untuk mengolah daging, memang membuat lidah selalu kangen.
2. Menjunjung Tinggi Adat Istiadat.
Meski orang Minang dikenal senang merantau, tapi sungguh mereka tidak pernah lupa pada adat istiadat. Hingga kini masyarakat asli Minang masih patuh dengan peraturan yang sudah ada sejak dulu.
Salah satu adat yang bertahan hingga kini adalah ‘uang penjemput’. Hal ini terjadi ketika akan terjadi pernikahan. Mempelai wanita akan menjemput pria dengan membawa uang. Uang di sini sebagai cara wanita untuk menghargai dan berterima kasih atas jasa orang tua si pria yang telah merawat dan membesarkannya.
3. KesenianTradisional.
Sama seperti suku lain, Suku Minangkabau juga memiliki kesenian khas yang hanya ada di Ranah Minang. Yang menonjol dari kesenian Minang yaitu seni bela diri. Banyak sekali seni silat yang asli berasal dari warisan Minangkabau.
Salah satu yang terkenal dari Minang adalah seni ‘pencak silat’. Seni ini memiliki dua fungsi, yaitu permainan dan seni bela diri. Seni ini digunakan untuk pertunjukan, gerakannya memang seperti silat, namun bukan untuk mencederai lawan.
4. Mata Pencaharian.
Etnis Minangkabau sangat terkenal profesional serta intelektual. Mereka memiliki poin plus dalam perniagaan. Mungkin karena bakat yang diwariskan oleh orang-orang terhormat zaman kerajaan Melayu dan Sriwijaya yang memang piawai berdagang.
Bukan hal baru jika orang Minang merantau ke segala penjuru Indonesia, namun kebanyakan dari mereka tidak kerja di kantor atau sebagainya. Mereka lebih memilih membuka usaha sendiri seperti berdagang, terlebih berdagang makanan. Banyak sekali kan rumah makan khas Padang di penjuru nusantara?
5. Karya yang Dihasilkan.

Orang Minang selain mahir berdagang, rupanya juga lihai menenun. Tradisi ini masih dilestarikan hingga sekarang. Songket yang dihasilkan juga terkenal dengan keindahan motifnya, namun kualitasnya yang tinggi.
Bahkan dulu songket khas Minang ini pernah go Internasional dalam Pekan Raya Ekonomi yang diadakan di Belgia. Dalam acara tersebut, bahkan cara menenun pun didemonstrasikan. Songket memang karya Minang yang patut dibanggakan.
6. Wisata Pusaka Budaya: Prasasti Peninggalan Kerajaan Minangkabau.
Secara geografis, Sumatera Barat merupakan daerah tropis dengan hutan dan curah hujan yang tinggi. Wilayah ini juga dilintasi pegunungan Bukit Barisan, sehingga terdapat banyak lembah atau ngarai serta danau, suatu fenomena alam yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Para pelancong pasti akan berdecak kagum melihat betapa indahnya bumi Minangkabau. Selain itu juga banyak ditemukan jejak-jejak (peninggalan) jaman pra sejarah hingga kemerdekaan.
7. Tempat Wisata di Minangkabau.
Minangkabau adalah salah satu suku yang berdiam diri didaerah Sumatera Barat, separuh darat Riau, bahagian utara Bengkulu, bahagian barat Jambi, bagian selatan Sumatera Utara, barat daya Aceh, dan juga Negeri Sembilan di Malaysia. Kebudayaan Minangkabau masih terus dijaga sampai sekarang ini. Kita sebagai generasi muda harus mengetahui semua suku yang ada di Indonesia, dengan mengerti dan mempelajari kebudayaannya maka kita bisa menjaga warisan budaya leluhur.
Untuk pariwisata daerah Minangkabau juga memberikan tempat wisata yang indah dan bagus, banyak tempat wisata disana yang di tonjolkan dan di kunjungi banyak orang baik wisatawan domestik atau mancanegara. Yang suka hobi traveling dan berpariwisata, tempat wisata Minangkabau harus kita kunjungi karena memberikan cerita yang menarik untuk pelajari.
Baiklah, Minangkabau rupanya jauh lebih kaya dari yang dibayangkan orang-orang. Adat istiadat, kesenian, dan kepribadiannya yang unik membuat Minang berbeda dari suku lain. Tak sulit menemukan orang Minang di penjuru nusantara, coba saja sambangi rumah makan khas Padang, dan coba ngobrol dengan pemiliknya. Sebagian besar berasal asli Ranah Minang. (BA)
7 Kekayaan Suku Minangkabau yang Memukau Dunia. 7 Kekayaan Suku Minangkabau yang Memukau Dunia. Reviewed by Urang Awak on 10:12:00 Rating: 5

1 comment

  1. Di zaman dahulu silat di Minangkabau ada di setiap kampung, sehingga banyak nama kampung tempat keberadaan silat itu, menjadi nama aliran silat tersebut. Silat selain ajang silahturahmi, juga digunakan untuk menjaga keamanan kampung "pamaga nagari" dari gangguan penjajah.sukses..

    ReplyDelete